Minggu, 10 Agustus 2008

lirih by chrisye

Lirih : song by Chrisye

Kini telah kusadari, dirimu telah jauh dari sisi
Kutahu tak mungkin kembali kuraih,semua hanya mimpi
Kini kucoba lagi, mengulang yang telah terjadi
Tetapi semua sudah tak berarti, kau telah pergi
Adakah kau mengerti kasih rindu hati ini, tanpa kau di sisi
Mungkinkah kau percaya kasih bahwa diri ini ingin memiliki lagi
kusadari kembali ternyata semua hanya lirih
Kini kutau tak mungkin ada waktu untuk mencintaimu lagi

Bait-bait yang membuat gw kagum pada seorang lelaki yang setiap kata yang ia rangkai menjadi lagu selalu memberi makna lebih luas dari sekedar lagu yang ia buat.

Ini satu contoh lagu lirih yang dinyanyikan oleh chrisye, dari bait pertama dan kedua telah ia kemukakan satu makna yaitu penyesalan dalam artian kesadaran yang terlambat dan yang tertinggal hanya kesedihan akan kenyataan yang telah begitu menjadi sisa-sisa ingatan terdahulu, tetapi di bait ketiga muncul sebuah kebalikan dari bait pertama dan kedua, motivasi untuk bangkit dan tak menyerah pada keadaan yang ada, setelah itu di bait ke-empat muncul anti klimaks kembali yaitu sikap pesimistis akan kesalahan yang terjadi semasa lalu seakan-akan semua usaha yang ia lakukan pada bait ketiga sirna tanpa jejak karena tiada daya untuk mencegah hilangnya harapan.

Dibait kelima dan keenam begitu menyentuh pada dinding rasa yang dimiliki setiap orang betapa seorang yang merindukan masa lalunya untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi di hati dan penyesalan serta pengharapan yang dalam akan kecintaan yang memuncak.

Dibait ketujuh antiklimaks kembali terjadi...dimana sikap pesimistis telah mengalahkan harapan dan kata hati dan menganggap semua itu hanya’lirih’ yaitu hanya sekedar slentingan angan yang lama terpendam walau kisah telah terurai dan berakhir. Dan di bait keenam adalah jawaban dari seluruh bait karena ia telah mengubur inginnya. Makna “tak mungkin ada waktu untuk mencintaimu lagi” sangatlah luas sekali, menurut saya :
1. Sang kekasih telah bersama yang lain
2. Tak ada lagi cinta sang kekasih padanya
3. Ketidakmampuan untuk ungkap kembali rasa cintanya

Satu pesan dari lagu tersebut adalah Jagalah cintamu sesuai kadarnya jangan kau paksakan dan jangan kau permainkan karena cinta itu sungguh adalah perasaan, kamu tak tahu kapan cinta itu memudar dan kapan cinta itu membatu, kapan cinta itu mencair dan kapan cinta itu membeku.

1 komentar:

endyonisius mengatakan...

versi Potpourri GSP .. https://www.youtube.com/watch?v=DgRJPdIkQDA