Kamis, 14 Agustus 2008

Berpikir, memikirkan dan pikiran

Berpikir, memikirkan dan pikiran

Apa sih maksud dari judul tersebut?
Pasti ini yang terlintas saat pertama membaca judul tersebut.
Kita mulai dari berpikir....
Pernah suatu ketika saya dihadapkan pada sebuah pertigaan jalan...
Arah pertama, saya lihat di depan begitu padat arus lalu-lintasnya, jalan terdekat namun waktu tempuh yang lambat
Arah kedua, disana hanya ada satu jalan perboden tetapi itu satu-satunya jalan lenggang dan jalan pintas
Arah ketiga, jalan memutar yang jaraknya 2 kali lipat dari pada jarak yang seharusnya kita tempuh tetapi dijamin lancar.

Yang pertama tanyakan pada diri lo mana yang akan lo pilih?
Kalo lo pilih arah pertama...gw bisa menyimpulkan bahwa lo adalah seorang yang berpikir bagaimana sampai pada tujuan walaupun tidak mengapa itu hanya berlambat-lambat dan lama, lo tipikal orang yang mau menunggu dan sabar menghadapi suatu rintangan.
Kalo lo pilih arah kedua...gw simpulkan lo orang yang ndak pernah berpikir panjang, yang lo pikir Cuma gimana gw bisa capai tujuan dengan cepat tanpa berpikir resiko dan akibat dari keputusan lo...orang kayak gini nih contoh orang yang bersemangat namun halalin segala cara yang ada....
Lo pilih arah ketiga...gw simpulkan orang jawa lu ya??alon-alon asal kelakon itu kata mbah gw....sik penting dalane penak tur ra ngerekasake awak neng pikiran ayem tur tenterem...ini gw simpulkan orang yang punya kesabaran lebih...lebih legowo menghadapi hidup, tipe orang begini biasanya punya mental baja yang kuat dan mereka berpikir sangat simple...ra ngoyo lek ra ngenah....sek penting tekan ngomah endas adem ati tenterem bojo mesem ati ro mripat ngasek kesemsem....begitu lo simple but not simple....

Memikirkan
Adalah bagaimana lo mau jadi orang yang ‘pandai’ bukan hanya pandai pda otak saja tapi semua hal yang membutuhkan otak dan hati...
Ketika lo bersikap lo memikirkan bagaimana sikap terbaik untuk lingkungan begini dan bagaimana sikap untuk lingkungan begitu....
Ketika lo bertindak lo memikirkan bagaiman hasil dari tindakan yang lo lakukan....baik kah? Atau buruk kah?nah ini yang harus selalu ada di pikiran lo

Pikiran
Semua orang punya tapi terkadang ditelan ma ego mereka, nafsu mereka bahkan sampe bener2 ilang terkadang....jadi lo tuh punya pikiran ya lo pake jangan dianggurin....

Tidak ada komentar: